Kesalahan umum dalam membedakan arti down payment (DP) dengan booking fee (tanda jadi)

Bagi anda yang akan melakukan transaksi jual beli baik itu properti maupun barang-barang berharga lainnya biasanya anda mengenai istilah Down Payment (DP) serta Booking Fee (Tanda Jadi). Meskipun kedua istilah tersebut sering dipakai untuk pembayaran awal sebuah transaksi namun ternyata keduanya memiliki perbedaan. Padahal selama ini masyarakat awam banyak yang beranggapan baik DP maupun tandi jadi keduanya merupakan hal yang sama. Untuk itulah perlu anda ketahui secara lebih jelas mengenai kesalahan umum dalam membedakan arti down payment(DP) dengan booking fee(tanda jadi) sehingga anda bisa membedakan kedua istilah tersebut secara tepat.

Membedakan Down Payment (DP) dengan Booking Fee (Tanda Jadi)

Booking fee merupakan uang pemesanan yang dibayarkan ketika anda tertarik ingin membeli properti dan sudah melakukan negosiasi dengan pihak penjual. Supaya properti yang anda beli tersebut nantinya tidak diberikan pada orang lain yang berminat membelinya juga maka anda harus memberikan uang tanda jadi terlebih dahulu. Untuk besarnya booking fee biasanya disesuaikan berdasarkan hasil kepekatan antara kedua belah pihak. Sedangkan untuk Down Payment (DP) merupakan pembayaran yang pertama dilakukan dari nilai transaksi jual beli. Untuk jumlah DP ini biasanya sekitar 30% dari harga keseluruhan transaksi jual beli

Dalam transaksi jual beli pihak penjual sudah menerima booking fee dari pembeli maka penjual tidak akan menjual properti tersebut pada orang lain hingga batas waktu tertentu. Untuk itu anda perlu juga menyertakan bukti pembayaran booking fee dan cantumkan pula bukti pembayaran selanjutnya. Namun jika sudah sampai batas waktu yang telah ditentukan ternyata pihak pembeli tidak melakukan pembayaran berikutnya maka booking fee yang sudah diberikan akan dianggap hangus sehingga properti tersebut boleh ditawarkan pada orang lain.

Sedangkan untuk penyerahan DP juga akan diikuti oleh penandatanganan perjanjian pengikat jual beli (PPJB) antara penjual dan pembeli. Dalam PPJB tersebut berisi jumlah sisa pembayaran, tanggal pelunasan serta sanksi. Namun jika penjual membatalkan transaksi maka DP tersebut akan kembali pada pembeli. Tetapi jika pihak pembeli yang membatalkan maka DP tersebut akan hangus.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai kesalahan umum dalam membedakan DP dan booking fee yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda semakin paham perbedaan DP dan Booking fee sehingga anda sudah tidak salah lagi dalam mengartikan kedua istilah pembayaran dimuka tersebut.

Terkadang muncul kendala dalam bisnis jual atau menyewakan tanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *